Semoga Allah senantiasa menjaga guru-guru kita semuanya. Dan semoga aku bisa bergabung dengan para ikan yang senantiasa mendoakan para ahli ilmu.

Kang Aswad

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam bersabda:

خَيْرُ النَّاسِ أنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“sebaik-baik kalian adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ibnu Hibban dalam Al Majruhin [2/1], Ath Thabrani dalam Al Ausath [5787]. Dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Jami’ no.3289).

Sebagian orang membawakan hadits ini untuk memuji orang yang punya jasa sosial, seperti memberi makanan gratis, pengobatan gratis, sekolah (umum) yang gratis, baju gratis, membantu orang miskin cari uang, dll. Tentu ini tidak salah, bahkan sudah tepat.

Namun terkadang kita lupa bahwa konteks hadits ini umum, mencakup manfaat duniawi dan ukhrawi. Maka termasuk dalam hadits ini, para da’i, ustadz dan ulama yang menyebarkan ilmu, dan berdakwah agar manusia berjalan di jalan yang lurus dan mengajak manusia untuk mentauhidkan Allah. Bukan cuma manfaat-manfaat duniawi semata.

Bahkan manfaat ukhrawi sejatinya adalah manfaat yang lebih utama dan lebih besar. Seorang bisa jadi miskin papa, namun mati dalam keadaan bertauhid dan…

Lihat pos aslinya 181 kata lagi